Selasa, 24 Juli 2012

Pameran Ekspresi dan Apresiasi Seni Kriya

PAMERAN EKSPRESI DAN APRESIASI SENI KRIYA



PENGERTIAN
Pameran ialah kegiatan seseorang atau kelompok dalam upaya mempertunjukan suatu hasil karya atau produknya kepada orang lain secara terorganisir.
FUNGSI/MANFAAT
Pameran merupakan tolok ukur terhadap kemampuan seniman dalam berkreasi, berproduksi, dan berinovasi dalam mewujudkan karya-karyanya.
JENIS PAMERAN
Pameran Tunggal
Kegiatan mempertunjukan karya seni terbaik seseorang pada suatu waktu dan tempat tertentu.
Pameran Bersama
Kegiatan mempertunjukan karya seni beberapa seniman pada waktu dan tempat tertentu. Dillakukan secara bersama dengan cara mengumpulkan beberapa karya dari beberapa seniman, kemudian ditampilkan secara bersama.
TUJUAN UMUM PAMERAN ANTARA LAIN :
Apresiasi
yaitu adanya suatu kesadaran diri terhadap nilai-nilai karya seni berdasarkan pengertian tentang kedalaman suatu bentuk dan isinya.
Komunikasi
yaitu adanya pengiriman atau penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud sampai kepada orang lain (seniman melalui karyanya).
Rekreasi
yaitu suatu arena rekreasi adalah upaya membantu mengadakan dan menyelenggarakan sarana hiburan bagi masyarakat melaui karya seni,
Pendidikan
yaitu Kegiatan pameran dapat memandu dalam menumbuhkan kesadaran akan nilai-nilai keindahan dan kesadaran akan kemampuan kreatifnya sehingga orang lain terpacu untuk berbuat.
Prestasi
yaitu suatu hasil yang dicapai setelah mengerjakan suatu pekerjaan.
Pameran di sekolah
memiliki tujuan yang lebih khusus terutama dengan tujuan pendidikan itu sendiri. Pelaksanaan pameran lebih tertuju pada apresiasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan orang tua siswa, dan terutama siswa mampu meningkatkan kesadaran menghargai suatu karya.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PAMERAN DI SEKOLAH
TAHAP PERSIAPAN
•Pelajari tujuan pembelajaran SK/KD ekspresi dan apresiasi;
•Perhatikan dan laksanakan arahan dari guru bidang studi seni rupa;
•Rencanakan kegiatan pameran melalui pembentukan panitia di kelas;
•Susun proposal sebagai acuan kegiatan (waktu, tempat, biaya, koordinasi dengan seni yang lain dan sekolah).
•Sosialisasikan rencana kegiatan kepada siswa peserta pameran agar mempersiapkan karya.
PELAKSANAAN
•Menyiapkan atau membuat karya untuk pameran
•Penataan ruangan, gambar, teknik pemasangan, penugasan penjaga stand, pembukaan dan penutupan.
•Selenggarakan diskusi karya dan pelaksanaan pameran.
EVALUASI
•Evaluasi pameran oleh pengunjung, guru bidang studi;
•Evaluasi pameran dari mulai persiapan, pelaksanaan, dan penutupan.

Menyelenggarakan pameran

MATERI PAMERAN
yaitu karya seni yang akan dipertunjukan. (gambar, lukisan, patung, kriya, seni grafis, seni tapestri dan seni instalasi).
TEMPAT
Tempat harus memiliki penunjang yang sesuai dengan karya yang digelar.
Galeri: gedung atau ruangan tempat menyimpan dan memamerkan benda atau karya seni.
Museum: tempat menyimpan hasil kebudayaan fisik yang berasal dari berbagai kurun waktu. Biasanya memiliki ruangan untuk dipakai tempat kegiatan seni.
Sanggar:tempat berlatih atau berkarya seni dan sekaligus sebagai tempat menggelar dan memajang karya.
Hotel: tempat kegiatan umum yang memiliki fasilitas tertentu, termasuk ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk pameran.
Gedung kesenian: tempat khusus untuk kegiatan-kegiatan kesenian.
Sekolah dikelas atau truang kesenian
WAKTU
menentukan waktu antara lain, waktu luang pengunjung, saat kunjungan wisata, liburan nasional, saat ada even tertentu, dan lain sebagainya.
PESERTA
Faktor seniman dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat terutama kalangan masyarakat yang menggemari karya-karya yang dibuat oleh seniman tertentu.
PANITIA
Suatu kegiatan akan lebih mudah apabila dibentuk kepanitiaan atau diselenggarakan oleh even organiser.
KURATOR
Tugasnya yaitu memelihara, mengoleksi, menyeleksi dan menyajikan berbagai karya atau artefak seni. Dalam perkembangannya tugas kurator lebih luas dari yang diuraikan diatas, kurator bertugas pula sebagai perancang, menentukan tema, memilih seniman dan karya, memberikan pengantar pemaknaan bagi karya yang dipamerkan

1 komentar: